Senin, 30 Januari 2017

Mengontrol Perilaku Siswa Dengan Aplikasi ClassDojo

Sebagai seorang guru, kita dituntut untuk senantiasa membentuk, mengontrol dan menilai sikap dan perilaku peserta didik. Implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar, memberi porsi lebih besar pada aspek sikap dari pada keterampilan dan pengetahuan. Pada umumnya guru merasa kesulitan untuk mengontrol dan melakukan penilaian sikap. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk melaksanakan kegiatan ini, bahkan dirasakan mengurangi waktu untuk menyampaikan materi pelajaran.
Masalah yang dihadapi guru pada kasus tersebut, saat ini bisa diatasi. Ada sebuah aplikasi yang cukup bagus untuk membantu guru mengontrol dan menilai perilaku peserta didik, baik perilaku
positif maupun perilaku negatif. ClassDojo adalah sebuah aplikasi Android untuk pendidikan yang membantu guru dalam meningkatkan perilaku peserta didik di kelas secara praktis. Dengan ClassDojo, guru dapat memberi feedback terhadap perilaku peserta didik kapan saja, baik perilaku positif maupun negatif. Setiap perilaku positif langsung memperoleh reinforcement tanpa guru menuliskan di  instrument penilaian. Hanya dengan satu sentuhan di HP/android, ClassDojo merekam dan menyusun data perilaku peserta didik, yang kemudian dapat dibagikan secara online kepada orangtua peserta didik ataupun peserta didik itu sendiri.  Orang tua dapat secara realtime memantau perilaku putera-puterinya di sekolah.

Contoh tampilan data peserta didik pada ClassDojo

 

Contoh perilaku yang dikontrol dengan ClassDojo


Aplikasi ini lebih memfokuskan pada pengelolaan perilaku daripada sisi akademik peserta didik. Guru dapat memberikan umpan balik positif atas perilaku peserta didik yang baik dan memberi nasehat untuk memperbaiki kepribadian peserta didik. Pada saat yang sama orangtua dapat memantau perilaku putera-puteri mereka ketika berada di sekolah. Selain mudah digunakan, aplikasi ini dapat membantu guru mengurangi teriakan dan bentakan kepada peserta didik yang nakal. Peserta didik akan berhati-hati dalam tindakannya karena semuanya dipantau oleh guru dan orang tuanya.

Jika Anda ingin mempelajari tentang ClassDojo, bisa diunduh di android Anda dengan mengunduhnya dari play store.  Andapun dapat membuka di computer atau laptop Anda di www.classdojo.com

0 comments:

Posting Komentar